SURVEY SIMULASI AKREDITASI KARS

RS PKU MUHAMMADIYAH SUKOHARJO,- Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan, RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo melaksanakan kegiatan Survei Simulasi Akreditasi oleh tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Selasa – Kamis (26 – 28 September 2017). Saat ini adalah Waktunya untuk Akreditasi bagi RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo sebagai Rumah sakit type C.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo, dr Machmud Surjanto,Sp.B menjelaskan, survei simulasi akreditasi ini dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan akreditasi rumah sakit dengan lebih baik senhingga Rumah sakit bisa akreditasi paripurna. Pada kesempatan itu dr Machmud mengajak seluruh pegawai agar melaksanakan simulasi ini dengan sungguh-sungguh dan mengganggap bahwa ini adalah survey yang sesungguhnya.

Acara dimulai dengan pemaparan dari direktur, dilanjutkan dengan telusur manajemen, data rekam medis serta telusur ruangan dan bagian terkait yang berhubunga dengan pelayanan rumah sakit. Untuk bidang medis, tim KARS menekankan pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) yang dimulai dengan identifikasi pasien dengan tepat, peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai dengan memastikan kembali label obat yang high alert dan obat-obatan yang mirip penyebutan dan tampilannya. Dalam hal pengurangan risiko infeksi, ditekankan untuk melakukan cuci tangan yang sesuai dengan memperhatikan pada 5 moments yang telah ditetapkan WHO. Begitu juga dengan pelatihan rutin serta sertifikat bukti telah mendapatkan perlatihan PPI.

Menurut dr. Henry Boyke Sitompul,Sp.B,FICS selaku Ketua Tim Survei mengatakan bahwa antusiasme dan semangat staf rumah sakit sangat tinggi  dalam acara survei simulasi ini. Oleh karena itu, ia berpesan untuk selalu komitmen untuk menyukseskan akreditasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*